Jumat, 14 Desember 2012

ICT Index indonesia now


Index Mobile Broadband Readines dan ICT Development Index



Situs www.telecomlead.com dengan judul Telecom markets in China, India and Indonesia to drive mobile broadbandgrowth in 2012 yang ditulis 16 Februari lalu menuliskan 

Emerging market operators will see double digit mobile connections growth in 2012. Mobile markets with relatively low mobile penetration, such as China, India and Indonesia, will be the key drivers of this growth. Mobile broadband will be the main driver of this growth, according to Ovum.

Sebenarnya di Indonesia sendiri mobile penetration sudah mendekati jumlah populasinya, meski sebagian diakibatkan oleh pelanggan yang memiliki seluler lebih dari satu nomor.  Tapi untuk mobile broadband, saya setuju masih memungkinkan pertumbuhan dua digit di Indonesia.

Grafik yang dibuat dari data GSMA menunjukkan posisi mobile broadband readiness index Indonesia berada di urutan 10 diantara 16 negara Asia Pacific (mustinya 17 negara, tapi saya kehilangan angka index Bangladesh dari artikel situs tersebut

Mobile Broadband Readiness Index Asia Pacific 2011

Ovum said that revenue growth, margins and return on investment will be far more important metrics than connections growth in 2012 as connections and average revenue per user (ARPU) are becoming increasingly irrelevant due to the growing prevalence of multiple SIM ownership in most markets.

A decline in smartphone prices and feature phones with enhanced capabilities will further drive the demand for data. Many feature phones will offer comparable capabilities and user experiences to smartphones at a significantly lower price.

Jika mengacu pada Dokumen ITU: Measuring the InformationSociety 2011, ICT Development Index (IDI), khususnya yang saya cuplik untuk  negara di regional  Asia, dapat digambarkan sebagai berikut:

ITU - IDI 2010-2008 Regional Asia

Secara Global, Korea menempati ranking-1 diikuiti oleh negara Swedia, Islandia, Denmark, Finland yang disusul negara Asia kedua Hong Kong. Sementara Jepang dan Singapura menempati posisi di urutan 13 dan 19 di tahun 2010.

Data ITU juga menunjukkan Negara Saudi Arabia selama tahun 2008-2010 memperlihatkan peningkatan IDI tertinggi (dari 4.13 menjadi 5.42) diikuti Qatar, Belarusia, dan Macau.

Jika diukur dari perubahan ranking IDI, maka Armenia menjadi negara yang yang melompati urutan tertinggi dari ranking 86 di tahun 2008 menjadi ranking 72 di tahun 2010. Urutan lompatan ranking IDI berikutnya dipegang oleh Vietnam, Maroko, dan Saudi Arabia. Sedangkan untuk penurunan rangking tertinggi dipegang oleh Thailand dan Cuba, meski tidak ada satupun yang mengalami penurunan index IDI.

Bagaimana dengan Indonesia?.  Negara kita yang tercinta, mengalami peningkatan index IDI dari angka 2.39 di tahun 2008 menjadi 2.83 di tahun 2010, atau naik sebesar 0.44 point. Sementara dilihat dari sisi rangking, Indonesia juga mengalami kemajuan dari sebelumnya di rangking 107 dunia ke urutan 101, meski masih di atas 100 besar dunia.

Jika dibandingkan dengan populasi dari Negara Asia Pasifik data GSMA, sebanyak 15 negara (minus Taiwan yang tidak terdaftar di dokumen ITU), maka Indonesia berada diurutan 12. Namun kondisinya memang berbeda mengingat data ITU merupakan representasi tahun 2010 sedangkan GSMA merupakan data tahun 2011. Dengan kata lain diperkirakan IDI Indonesia di tahun 2011 akan semakin meningkat dibanding tahun 2010. Sayangnya, ITU kemungkinan baru akan melakukan survey IDI berikutnya untuk data tahun 2012. Kita tunggu saja laporannya di tahun 2013 (lama banget ya!)


http://klasmaya.blogspot.com/2012/05/index-mobile-broadband-readines-dan-ict.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar