Rabu, 01 Mei 2013

2012 Teknologi Indonesia unggul dibanding negara ASEAN


Mendengar judul diatas, pasti kita kaget dan berdecak kagum.Iya lah, dibalik sedihhnya melihat pempimpin Indonesia yang banyak merugikan negara, tapi dengan mendengar hal ini, ada kebanggaan tersendiri menjadi Warga negara Indonesia.

Nah, IDC sudah memprediksi kalau pertumbuhan ICT (Information and Communication Technology) di Indonesia akan cerah di 2012 ini.
Belibu akan menyebutkan beberapa pertumbuhan cerah di 2012 ini, baca ya :D
1. ICT di Indonesia akan tumbuh dan stabil dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya.
Anggaran belanja IT di Indonesia menurut IDC diperkirakan mencapai 12,9 milyar Dollar Amerika di akhir 2012. Pertumbuhan ini mencapai 18 persen (YoY: Year on Year). Melihat angka tersebut dipastikan Indonesia akan lebih unggul dibandingkan negara ASEAN lain.
2. Meningkatnya pengeluaran di bidang telekomunikasi.

Bidang telekomunikasi akan terus meningkat seiring dengan kebutuhan jangkauan jaringan telekomunikasi di berbagai daerah di Indonesia. IDC memperkirakan pada akhir 2011 lalu, sejumlah 43 juta perangkat ponsel dikapalkan dan dikirim ke Indonesia.
Hal ini secara agresif menggerakkan jasa telekomunikasi suara dan data di Indonesia.
3. Tahun 2012 akan terjadi ledakan Mobile Broadband

Hal ini sih kayaknya udah bisa ketebak ya belibuers, di awal 2011 kemarin, blackberry dan Smartphone dengan harga terjangkau di bawah 100 Dollar Amerika atau tidak sampai 1 juta rupiah dan modem USB yang semakin murah sekitar 250 ribu rupiah, mendorong terjadinya ledakan di sisi Mobile Broadband. Kebutuhan untuk mengakses social media, konten-konten lokal dan konektivitas membuat juga tumbuhnya peningkatan kebutuhan akan peranti smartphone dan modem USB.
4. Titik transisi dari feature phone ke smartphone

Pengguna layar hitam putih(monochrome) mungkin akan beralih ke ponsel yang lebih bagus. IDC melihat adanya transisi perihal perubahan tren baik global dan regional soal peranti lebih pintar, munculnya smartphone terjangkau terutama merek-merek lokal di Indonesia. Transisi ini menangkap perhatian para pengguna feature phone untuk beralih ke smartphone atau setidaknya smarter devices.
6. Social media mengalami kenaikan secara menonjol sebagai alat pemasaran.
Like this yoo..mungkin kalimat itu sudah tidak asing untuk telinga orang Indonesia.Jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2015 diprediksi akan mencapai angka 95 juta orang. Selain itu Facebook dan Twitter di Indonesia memiliki angka pengguna yang signifikan. Hal ini memberikan kesempatan emas bagi para pemasar untuk meraih target mereka melalui social media.
7. IPTV akan raih segmen residensial dan bisnis
PT Telkom di pertengahan 2011 meluncurkan layanan IPTV di Indonesia. Ragam fitur dan kemampuan IPTV yang memberikan kendali lebih banyak pada pengguna saat menonton televisi membuat IPTV, menurut IDC, akan meraih peningkatan dua kali lipat pengguna di 2012.
8. Perubahan pada pasar peripheral.Vendor MFP (multi-function printer)
menurut IDC, akan meraih peningkatan pendapatan pada 2012 seiring dengan serapan oleh bisnis UKM yang lebih fokus pada kebutuhan efektifitas pengeluaran jangka panjang daripada reduksi pengeluaran jangka pendek. IDC memperkirakan hard copy peripheral (HCP) akan terus tumbuh sejalan dengan berita positif di bidang ekonomi yang memberikan kesempatan UKM dan perusahaan-perusahaan berbelanja hardware.
9. Era Tablet PC
Indonesia akan menjadi negara dengan pertumbuhan pasar Tablet PC terbesar di ASEAN. Perubahan tren akibat gaya hidup, social media, dan kebutuhan konektivitas membuat Tablet PC menyingkirkan netbook yang 3 tahun lalu sempat menjadi tren.
Sekarang saatnya menuju masa depan masyarakat informasi yang maju.Banyak pemerintah di berbagai negara dengan perkembangan era informasi dan komunikasi yang terjadi saat ini,  berpikir kembali strategi mereka dalam rangka melangkah maju. Pemerintah
Indonesia menyadari hal ini dan telah menempatkan strategi tangguh agar mencapai pertumbuhan di masa depan. Selama 3 tahun yang lalu, pemerintah telah menempatkan ICT sebagai pokok pada agenda rencana perubahan, dan telah mengalokasikan ICT sebagai kunci sebagai sarana untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi angka kemiskinan.

Nah,meskipun kita terkesan boros, tapi inilah kemajuan bangsa kita.
Yuk,kita majukan negeri ini mulai dari diri kita sendiri :D
http://www.belibu.com/2012-teknologi-indonesia-unggul-dibanding-negara-asean-rubrik-1801

Tidak ada komentar:

Posting Komentar