Minggu, 05 Mei 2013

prediksi tahun 2013

05 May 2013 | 17:24:55

10 Prediksi ICT di Indonesia Tahun 2013

oleh Dewi Widya Ningrum
Posted: 07/01/2013 13:01
10 Prediksi ICT di Indonesia Tahun 2013
ICT
ICT akan memainkan peran penting dalam transformasi perekonomian negara termasuk Indonesia. Untuk tahun 2013 ini, International Data Corporation (IDC) memprediksi teknologi akan memainkan peran integral dalam sektor-sektor tradisional.

Pada November 2012 saja, tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai sangat baik terutama karena masuknya investasi asing secara langsung dan konsumsi domestik yang terus berkelanjutan. Adopsi ICT di kalangan perusahaan diperkirakan akan meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun mendatang.

Head of Indonesia Operations IDC Indonesia Sudev Bangah mengatakan, belanja TI negara bisa mencapai US$ 15,8 miliar pada akhir tahun 2013 sehingga secara kolektif akan mendorong kenaikan belanja ICT perusahaan.

Berikut 10 prediksi IDC terkait perkembangan ICT di Indonesia pada tahun 2013, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (7/1/2013).

1. Belanja infrastruktur ICT meningkat.
Belanja infrastruktur ICT diperkirakan akan meningkat karena pemerintah akan terus membangun dan memelihara kepercayaan investor. Peningkatan belanja infrastruktur ini akan mempengaruhi sektor lainnya seperti sektor manufaktur yang meningkat 12 persen dari belanja ICT tahun 2012.

2. Pengakses mobile broadband naik.
Pasar broadband diperkirakan akan tumbuh 55% hingga tahun 2016, hal ini didorong oleh perluasan jaringan yang dilakukan operator selular, penurunan harga modem USB dan perangkat mobile, serta ketersediaan paket broadband yang lebih terjangkau kepada konsumen.

3. Bisnis start-up ICT akan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Ini akan mempengaruhi minat para investor global untuk masuk ke Indonesia.

4. Cloud computing semakin dipahami.
Dalam satu tahun terakhir, praktek Cloud Computing di Indonesia berkembang cukup signifikan, namun masih banyak yang belum paham tentang manfaatnya. Continuum Survey 2012 yang digelar IDC menunjukkan bahwa lebih dari 25% responden akan memanfaatkan dan berinvestasi pada Cloud Computing. Di tahun 2013 ini, pemahaman dan adopsi cloud computing diprediksi akan semakin meluas.

5. Tren membawa perangkat pribadi ke tempat kerja (bring your own device/BYOD) meningkat, dengan 52 persen responden IDC berencana meningkatkan mobilitas di tempat kerja mereka dengan pemakaian perangkat bergerak sendiri. Sebanyak 44 persen masih mencari perangkat yang sesuai dengan sistem TI perusahaan.

6. Persaingan bisnis komputer personal (PC) bergeser ke kota-kota kecil. IDC memprediksi bahwa vendor PC akan agresif memperluas portofolio bisnis mereka ke kota-kota kecil, dan kota-kota besar di luar pulau Jawa seiring menurunnya pengapalan PC di kota besar di pulau Jawa.

7. Perang OS makin ketat.
IDC memperkirakan bahwa perang sistem operasi (OS) perangkat mobile seperti Android, BlackBerry, Windows Phone, dan iOS Apple akan semakin ketat di tahun 2013.

8. Permintaan data center meningkat.
Seiring meningkatnya layanan cloud computing, permintaan terhadap layanan data center juga meningkat. Continuum survey 2012 yang diadakan IDC mengungkapkan bahwa 32% perusahaan Indonesia akan mencari efisiensi dan mengurangi biaya infrastruktur ICT saat ini dengan memanfaatkan cloud computing.

9. Kolaborasi direktur informasi (CIO) dengan manajer penghubung bisnis (LoB) yang menggabungkan teknologi dengan bisnis seperti pemanfaatan cloud, perangkat komunikasi genggam, analisis data, dan jejaring sosial bisnis.

Pada 2013, IDC memperkirakan CIO akan berkolaborasi dengan manajer penghubung bisnis, untuk membahas bagaimana menggabungkan teknologi dengan bisnis pemanfaatan cloud untuk efisiensi, alat mobilitas, dan analisis data dan social media.

10. IDC memperkirakan vendor-vendor teknologi akan mulai memperluas perhatian dan bisnis mereka ke kawasan timur Indonesia. (DEW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar